Prifil LPPM

Profil LPPM

Universitas Khairun (Unkhair) sebagai salah satu institusi penyelenggara pendidikan tinggi di wilayah timur Indonesia, turut memainkan peran penting dalam meningkatkan kecerdasan dan daya saing bangsa. Dalam perjalanan sejarahnya, institusi ini telah menyelenggarakan program pendidikan selama 50 tahun. Dalam suasana yang baru, Unkhair sesungguhnya ingin melakukan perubahan untuk menyesuaikan dengan tuntutan paradigma baru pendidikan tinggi. Hal ini terwujud dari visi yang ingin dicapai yaitu “ menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis kepulauan dan kemajemukan”.

Untuk dapat mewujudkan visi tersebut dalam kurun waktu 20 tahun ke depan, UNKHAIR telah membangun system kelembagaan internal, di mana salah satunya adalah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM). LPPM merupakan motor penggerak bagi seluruh komponen dalam system tersebut untuk mengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui program-program penelitian dan agar program-program penelitian dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, maka LPPM harus dapat mengaktualisasikan peran aktifnya sebagai pusat pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) mempunyai peran yang sangat penting, karena LPPM merupakan lembaga yang mengkoordinasi, menjaga, dan meningkatkan kuantitas dan kualitas penguasaan, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bentuk pelayanan dan dengan masyarakat baik lokal, Nasional maupun Internasional.